Mengenal Paperworld Lebih Dekat

INTRO

Menulis ulang deskripsi yang telah dijabarkan sebelumnya di page ‘About’, Paperworld Academy & Dorm adalah sebuah roleplay berbasis teks via Facebook yang sudah dibentuk sejak April 2012. Konsepnya merupakan sebuah sekolah swasta berasrama yang setara SMA, Paperworld Academy, yang terletak di daerah Gangnam, Seoul, Korea Selatan. Puppet yang didaftarkan oleh pendaftar/roleplayer semuanya akan menjadi calon siswa, tapi setelah memasuki grup, kita juga akan melihat karakter kepala sekolah, guru bahkan pegawai NPC (Non-Playable Character) yang seringkali menambah keramaian di lingkungan Paperworld.

Tak hanya bermain peran sebagai orang/karakter lain, di komunitas ini seluruh anggota (yang kemudian disebut Puppet Master/PM), dapat mengasah keterampilan menulis karena sewaktu-waktu mereka perlu menunjukkan perkembangan karakter puppet atau plot puppet yang dimainkan dengan satu atau beberapa thread berbentuk narasi.

FYI, selain asrama dan gedung tempat belajar (gedung Academy), Paperworld juga memiliki fasilitas lain seperti yang tercantum di petanya berikut ini.

11780526_1618534098385788_465088649_n

Lengkap, ya? Dimana kita bisa menemukan SMA begini di dunia nyata? xD

 

TENTANG PENGHUNI AKADEMI

Soal kesiswaan, setiap awal term akan ada pemilihan OSIS dan Ketua Asrama. Tugas mereka berbeda-beda. Apa saja? Ayo join XD

Sekarang Paperworld Academy memiliki 3 jurusan, yaitu Athletic, Showbiz dan Multimedia, yang masing-masing punya visi dan semacam tradisi tersendiri. Jurusan Athletic terkenal dengan solidaritas sekaligus kekonyolan siswa-siswinya. Bagaimana bisa? Terjadi begitu saja 😀

Walaupun dipikir keras-keras, sebenarnya dia sedang apa?

Jurusan Multimedia terkenal dengan kekompakan dan keaktifannya. Ini salah satu contohnya, event Virtual DAteY yang dilaksanakan baru-baru ini.

Pesan dulu karakter teman kencan virtualnya 😀

Virtual Date started!

Sementara itu, siswa-siswi jurusan Showbiz terkenal ‘ramai’ dan tidak sedikit juga yang konyol. Sudah beberapa term terakhir, Showbiz menjadi jurusan favorit. Lulusan jurusan Showbiz seringnya punya mimpi yang tinggi. Kita intip salah satunya.

APA YANG SERU?

Seperti yang sudah kita ketahui roleplay berarti ‘bermain peran’. Di sini kita tidak perlu memainkan puppet yang karakternya persis sama dengan visualisasi yang kita pakai, karena tema roleplay ini ya AU (Alternate Universe). Memainkan Leo VIXX yang aslinya jarang bicara, jadi petakilan? Boleh. Memainkan Eunji Apink yang humoris, jadi pendiam? Tidak ada yang melarang. Karena tujuan pertama roleplay adalah hiburan, bukan?

Hiburan plus plus yang bisa kita dapatkan di sini tentu saja banyak. Di antaranya melawak/? dengan menunjukkan tingkah konyol puppet kita (jika karakternya memungkinkan) atau sekadar menunjukkan karakternya yang menonjol, bergabung dengan thread-thread yang mengocok perut, ataupun sekadar berselancar di timeline dan mengobrol di status orang lain.

Istilah stalking juga tidak aneh lagi di sini. Suatu hiburan lain ketika kita menjelajah setiap group untuk mencari thread-thread yang menarik. Banyak tidaknya yang sedang men-stalk thread kita, biasanya dilihat dari banyaknya like. Thread yang menarik sendiri itu ya macam-macam.

11705098_143104249355618_8806940275285006817_n

11694945_143104306022279_687388477975488447_n
Jangan salah paham…..
Ketika sedang badmood tapi tidak dipekai...
Ketika sedang badmood tapi tidak dipekai…
Bagaimana kalau bertemu mantan? XD
Bagaimana kalau bertemu mantan? XD
Nasihat seorang kakak pada adiknya tercinta..
Nasihat seorang kakak pada adiknya tercinta..
Puppet sedang kasmaran?
Puppet sedang kasmaran?
Atau sedang PDKT?
Atau sedang PDKT?

11742724_143103746022335_4164512715848126795_n

Sedang galau?
Sedang galau?
10568869_143105476022162_3411481055061970718_n
Uh-oh…

11695997_143105392688837_7493990627826250258_n 11071695_143105382688838_4295094952067993968_n

Merancang plot untuk puppet kita dan merasakan perkembangannya dari waktu ke waktu juga bisa jadi hiburan, loh. Selain itu, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, untuk mendeskripsikan plot yang kita pakai untuk puppet, terkadang kita perlu menggunakan satu atau beberapa thread berbentuk narasi. Jadi, selain mendapat hiburan, kita juga bisa sekaligus mengasah keterampilan menulis. Ilmu yang berguna, kan? Untuk yang memang senang menulis, ini bisa jadi hiburan tambahan lainnya juga.

Saatnya fangirling!
Saatnya fangirling!
Belajar untuk ujian masuk universitas memang penuh perjuangan.
Belajar untuk ujian masuk universitas memang penuh perjuangan.
Saatnya membully, setelah sekian lama?
Saatnya membully, setelah sekian lama?
Bagaimana Mother Day kita jika keadaannya begini?
Bagaimana jadinya Mother Day kita jika keadaannya begini?
Detik-detik krusial seorang 'pengedar' berkedok mahasiswa.
Detik-detik krusial seorang ‘pengedar’ berkedok mahasiswa.

sum2

Or the worst...
Or the worst…
Salah satu thread unik yang perlu dibaca berkali-kali untuk mendapat poin yang ingin disampaikan Puppet Master. But that's charming for sure.
Salah satu thread unik yang perlu dibaca berkali-kali untuk mendapat poin yang ingin disampaikan Puppet Master. But that’s charming for sure.

chomlay chomlay2

The most beautiful ending ever. :
The most beautiful ending ever. Lihat like yang terkumpul?

Meski ini merupakan dunia maya, namun keakraban, kepedulian dan kepengertian antar sesama PMnya sangat kental. Mereka sering berbagi pemikiran, berbagi pengalaman dan saling curhat satu sama lain. Walaupun tidak saling mengenal di dunia nyata, kebanyakan merasa mendapatkan banyak hal sejak menjadi bagian Paperworld. Namun tentu saja kita tidak lupa, perasaan puppet dan puppet master harus dibedakan dalam permainan. Semuanya dapat melakukan itu sehingga ‘dunia’ ini damai dan harmonis.

Itulah beberapa keseruan bermain di roleplay ini, yang sedikit banyak membuat anggota-anggotanya berpikir dua kali untuk resign. 😀

TESTIMONI

Staff Paperworld sudah mengumpulkan testimoni para member mengenai roleplay ini, mulai dari yang sudah bermain sejak term awal, maupun yang baru.

Poin testimoni :

  1. Apa kesan/komentar anda tentang Paperworld?
  2. Perubahan apa saja yang anda rasakan selama bermain di Paperworld?
  3. Apakah anda pernah quit lalu bermain kembali di Paperworld? Jika pernah, apa alasannya?
  4. Apa pesan anda untuk Paperworld?

 

[Heo Youngji, bergabung sejak Term 10]

  1. Seru, abis itu orang orangnya ramah ♡ jadi bisa mengisi waktu luang, jadi ngerti bagaimana cara membuat narasi yang bagus, pokoknya jjang! (y)

  2. Perubahan yang dirasakan PM pribadi; berbahasa jadi lebih baik dan masih ada beberapa yang tidak bisa diungkapkan kata kata em *halah* yang penting perubahannya menjadi lebih positif

  3. Iya pernah, dulu karena pmnya lagi banyak aktivitas yang mencekik dan membuat ane jarang bisa on jadinya ane quitin, balik lagi karena pengen ngerasain lagi ngetrit waktu itu pernah ngetrit beberapa kali dan itu seru jadi pengen coba lagi *curcol*

  4. Pesannya semoga pw tambah lama tambah maju! Abis itu makin banyak murid yang daftar ♡

[Joy Park, bergabung sejak Term 1]

  1. Menyenangkan seperti biasanya. Paperworld bukan cuma tempat main, tapi tempat menghilangkan bosan, belajar, bereksperimen juga. oh dan menyalurkan kegemaran akan kpop yg jelas haha

  2. Banyak banget, mulai dari peraturan, penampilan, temen main, sampe feel sendiri. Dari yang dulu semangat main, trus bosen, trus kangen, trus semangat main lagi hahaha

  3. Dulu banget, iya. Karena kegentingan dunia RL yg trus bikin saya khilaf hingga quit.

  4. Lanjutkaaaan! Haha mungkin bisa beri yang sigir2, sesuatu yang baru atau bahkan mengulang yang lama.

[Jung Yein, bergabung sejak Term 19]

  1. Banyak, ada sedih, gembira dan flat.. Temen dan sunbaenya baik2, pokoknya paperworld keren like emoticon

  2. Perubahan ya ? Banyak sih, kalo ada waktu senggang sekarang gak cuma baca ff tapi main di pw.. Banyak dampak positifnya selama main disini, lebih banyak mengenal hal baru juga.

  3. Belum pernah

  4. Paperworld, tetap jadi yang terbaik ya.. Semoga semakin lancar dan semakin keren, termnya gak putus sampe sini aja.. Kalo bisa sampe ratusan/? Term

[Park Shin Hye, bergabung sejak Term 16]

  1. Kalau boleh jujur, ini adalah kali pertama saya bermain roleplay. Awalnya saya tidak tertarik tapi kata teman yang mengajak saya, ini berbeda. Saya bisa belajar menulis dari sini. Dan ternyata dia benar.

  2. Well, hal pertama yang membuat saya tetap ingin bermain di Paperworld karena saya belajar banyak dari member disini. Mereka pandai membuat sebuah cerita yang tidak kalah dengan penulis-penulis terkenal menurut saya. Saya jg lebih mengerti bagaimana sebuah tokoh harus memiliki karakter dan bagaimana membuat sebuah tokoh ‘tampak’ hidup bagi pembacanya (meski saya belum bisa menerapkannya dengan baik pada puppet-puppet saya). Jika ditanya perubahan, ya seperti tadi. Saya lebih banyak ilmu, ehem.

  3. Tidak pernah.

  4. Semoga kedepannya semakin baik lagi, anggotanya bertambah dan tambah menyenangkan.

    [Bobby Kim, bergabung sejak Term 9]

    1. SERU! BANGET! Bisa berimajinasi jadi character idol yang kita buat, bisa interaksi sama orang banyak + dapet temen baru hehehe

    Ah iya, aku mau curhat juga(?). Aku kan main roleplay juga di twitter, jadi agak less ooc gitu, niatnya mau ooc pake imagination gitu kayak di pw, tapi di twitter susah karena character tulisan terbatas jadinya bingung juga kalo mau ngetik. Di pw bener-bener ngasah imajinasi dan bahasa, aku lebih ngerasa nyaman di pw sekarang dari pada di twitter hahahahha. Pokoknya Paperworld Keren!!!!!

    1. Banyak sih, makin kesini peraturan makin teratur, apalagi jadwal sekolah, dulu kan ga ada shift shiftan gitu jadi agak bingung kalo ga bisa on di jam sekolah, tapi sekarang ada shiftnya jadi lebih gampang.

    2. Belom belom pernah quit dari term 9 kiss emoticon

    3. MAKIN SUKSES! MAKIN JAYA! MAKIN RAMAI! MAKIN KEREN MAKIN BEKEN!

    [Gyuri Park, bergabung sejak Term 1]

    1. Paperworld tuh RP terkece #plak yah saya emg cuma main 1 rp sih, tapi bisa diliat betapa bnyak yang coba buat ikutin pw kan huehehe

    2. Perubahan dalam rule jelas banyak, yg jelas setiap perubahan bertujuan untuk membuat pw makin kece kan. Kalau perubahan buat diri sendiri… Kurang tau juga huahahaha

    3. Gak pernah, rasa buat quit mah sering tp ga jadi mulu. Terlalu cinta jeje *masih bete sama jisub yg nyuekin ane* #eh pw maksudnya

    4. Pesannya buat pw kembali ramai lagi, emg sih peminat rp makin dikit tapi tunjukin ke semua org kalau pw bukan sekedar rp biasa tapi rp yg buat kita belajar banyak hal (in. Narasi)


    [Chang Seon Lee, bergabung sejak Term ]

    1. Kesannya paperworld jjang! kiss emoticon

    2. Perubahan? maksudnya pada diri pm atau piyee em? yah pokoknya jadi lebih ++ lah, yang dulunya nggak tau narasian itu gimana, kata kata yang pas itu gimana, sekarang lumayan lah daripada nggak bisa hahaha, jadi lebih pemikir juga kiss emoticon

    3. pernah, waktu itu minhyo quit alasannya sih menurut ane salah paham aja em, trus balik lagi soalnya kangen pewe :* trus quit soalnya pkl, balik lagi yaa karena kangen pewe :*

    4. pesannya, makin baik ajalah dari hari ke hari kiss emoticon karena aku sayang kamu


      [Ryu Hyeju, bergabung sejak Term 17]

      1. Menyenangkan kok ><

      2. Tidak banyak, aku merasa tidak banyak yang berubah, kecuali ada temen yang quit, rasanya jadi sedih, padahal temen satu term..

      3. Belum pernah ‘-‘)

      4. Tetap semangat Geem Paperworld >< dan staff juga >< ngurusin kami ama grup pasti berat kan yah? jadi tetep semangat, biar paperworld selalu menyenangkan seperti ini! ;D

       

      [Kim Ryeowook, sejak Term 6]

      1. Rame kalau lagi rame, sepinya melebihi kuburan kalau lagi sepi ._. *kelewat jujur*

      2. Lumayan lah. Grupnya jadi lebih banyak, trus jurusannya jadi ada atletik sama mulmed. Tapi aku kangen semua jurusannya… tahu banyak nama idol di dunia perK-Popan/? *mungkin* Tapi kayaknya yang paling ngena sih… Jadi nambah bias *plakk* *ini serius lho*

      3. Pernah sih, sekali. Gegara sibuk kerja + gak ada sinyal *alasan klise*

      4. Pesan buat PW ya? Eumm, terus berinovasi aja deh. Hehe

      [Seul Park, sejak Term 11]

      1. Menurut saya, roleplay ini sangat menyenangkan. Banyak hal menarik tentang dunia yang belum saya ketahui, contohnya seperti tempat-tempat summer school, permainan bahkan event saat ini. Kalau bukan karena Paperworld mungkin saya tidak akan pernah tahu. Pm disini juga ramah, asik-asik, dan saya merasa nyaman berada disini. Tidak ada bash sejauhyang saya lihat saat membahas hal-hal berbau kpop, damai sekali. Saya sangat suka saat mereka saling memberi semangat walau di dunia nyata mereka adalah orang asing.

      2. Perubahannya jadi up to date tentang kpop. Senang membaca fiksi. Rajin melamun. Bisa menulis fiksi meski masih abal-abal. Tidak sempat galau karena disini banyak yang mau membaca curhat dan kasih saran. Tapi efek samping buruknya datang saat terlalu bawa perasaan. Pernah saat kuliah jadi tidak konsentrasi karena memikirkan nasib puppet. Lalu kadang juga bertanya-tanya, apa bermain seperti ini normal dan wajar? Hehe

      3. Pernah, saat itu saya mengquitkan myungsoo, chaeeun, dan jonghyun. Alasannya karena itu semua kehendak ayah saya.

      4. Pesannya… Karena sudah banyak yang baik mungkin saya hanya akan mengungkapkan beberapa yang terpikirkan dan masih diingat. Untuk summer school, beberapa term terakhir saya lihat semakin sepi, mungkin bisa dibuat inovasi lain untuk menggantinya, mungkin seperti ganti musim atau destinasinya ke luar angkasa/?. Hehe. Lalu belakangan ini ada beberapa pm yang mendaftar dahulu, kemudian mengquitan puppet lainnya setelah mendaftar/term itu. Jika quit terlebih dahulu term selanjutnya tidak bisa mendaftar, maka harusnya ada sanksi saat daftar dulu baru quit. Yang terakhir soal internship program, untuk jurusan showbiz kan terbagi menjadi 2 (musik & theater) tetapi dari yang saya alami, internship yang ada lebih condong ke musik saja, alangkah lebih asiknya kalau internshipnya terbagi rata.. Untuk saat ini baru itu saja pesan saya, mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan. Terima kasih sudah menciptakan paperworld, semoga makin maju dan eksis…

    5. So, let’s join! Akan kami tunjukkan game yang menghibur sekaligus menambah pengetahuan, teratur dan kekeluargaan.Kurang seru dan menarik? Kalau begitu, kami tunggu kedatangan kalian untuk menambah keseruan di sini 😀

So, let’s join! Akan kami tunjukkan game yang menghibur sekaligus menambah pengetahuan, teratur dan kekeluargaan.

Kurang seru dan menarik? Kalau begitu, kami tunggu kedatangan Anda untuk menambah keseruan di sini. 😀

Punya pertanyaan? Silahkan layangkan di page Q & A

Advertisements